Sponsor Sutarso

Kebohongan eco racing, sebuah tema yang menarik dibahas. Tahun 2019 ini booming sebuah bisnis penghemat bahan bakar bernama bisnis sinergy eco racing dibawah bendera PT Bandung Eco Sinergy Teknologi atau PT Best. Namun kemudian santer juga berita bahwa eco racing adalah bisnis money game. Viral berita Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game, atau bisnis eco racing adalah hoax dan penipuan. Bagaimana penjelasannya? ATau mengapa hal pertanyaan itu bisa keluar?

 

Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game

Mengapa disebut Bisnis Eco Racing Adalah Money Game? Sebab konon ada uang pendaftaran dimulai dari 1 juta. Kemudian ketika mitra bisa mengembangkan bisnisnya sehingga 300 kanan dan 300 kiri dapat mobilio. Kemudian 1800 kanan dan 1800 kiri atau 1800 pasang dapat pajero. Nampak mudah dan enak ya? Oleh sebab itu karena enak silahkan gabung bagi yang pengin gabung.

Namun konon ini hanya modus belaka. Sebab ini terang saja adalah permainan uang. Memang slogannya adalah Goo Berkah no Riba. Namun sebenarnya itu hanya kedok saja yang sebenarnya adalah arisan mobil. Ketika 300 pasang atau ketika terkumpul 600 juta maka mitra dapat mobilio. Ini seperti arisan mobil saja.

Dalam sumber disini ditulis sbb: Untuk jadi mitra, orang harus membeli sejumlah produk. Setiap orang dapat mendaftar untuk 1 lisensi usaha dengan membeli paket produk senilai 1 juta rupiah, bisa juga sampai 30 lisensi sekaligus dengan membeli paket produk senilai 30 juta rupiah

Bila mitra berhasil mengajak mitra baru, bonus yang diperoleh adalah 100 ribu rupiah sampai 3.100.000 rupiah, terkantung jumlah lisensi yang dibeli si mitra baru. Disamping bonus sponsor, terdapat pula bonus pasangan dan bonus lain yang didasarkan pada perekrutan mitra baru.

Bila kita bicara money game dalam hubungannya dengan MLM, tentu yang kita maksud adalah money game skema piramida. Skema piramida adalah skema dimana MLM hanya sebagai kedok. Kegiatan sebenarnya adalah transfer mentransfer uang dari mitra baru ke mitra lama. Ini satu dari sekian kebohongan eco racing

Skema Piramida dalam bahasa MLM nya adalah system Binary 2 kaki. Dan Bisnis sinergy eco racing juga menggunakan system ini. Maka semakin jelas bahwa bisnis eco racing adalah money game, atau memainkan uang dengan kedok ada produk yang dijual. Artinya isu eco racing adalah bisnis jual beli karena ada produk yang dijual sebenarnya hoax belaka. Sebab penjualan produk sekedar kedok. Eco Racing Hoax, oleh sebab itu berhati-hatilah.

Untuk detail system marketing plan eco racing bisa anda baca dalam artikel ini.

 

Pemerintah Melarang System Piramida

Sudah sejak beberapa tahun lalu pemerintah dalam hal ini OJK melarang system piramida. Demikian juga APLI melarangnya karena merugikan orang yang terakhir daftar. Atau hanya menguntungkan yang diatas karena dimana-mana system ini hanya yang diataslah yang diuntungakn. Sebab itu kawan2 perlu waspada ya?. Undang2 tentang system ponzi atau piramida atau binary ini sudah jelas2 ada dalam peraturan system penjualan langsung berjenjang.

Nah selain Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game, ada kebohongan lain yaitu konon katanya eco racing sudah dapat ijin APLI padahal belum. Karena selamanya system binary murni tidak akan diijinkan di indonesia.

Dalam sumber disini ditulis sbb: Dalam perundangan di Indonesia, ada satu pasal dalam UU No. 7 2014 yang melarang skema piramida. Tetapi aturan ini terlalu singkat dengan definisi tentang skema piramida yang juga masih kabur. Aturan lain yang lebih rinci ada di permendag No. 32 tahun 2008. Meski tak menyebut skema piramida, tapi aturan dan larangan yang ada disana adalah upaya menghindari terjadinya skema piramida dan relevan untuk menilai suatu MLM skema piramida atau bukan. Bila merujuk pada permen tersebut, MLM sinergy eco racing menyalahi beberapa ketentuan paling tidak pada:

  • Pasal 21 ayat f, larangan untuk menerima pendaftaran keanggotaan sebagai mitra usaha dengan nama yang sama lebih dari 1 kali (adanya pembelian paket 30 hak usaha di MLM eco racing).
  • Pasal 9 ayat 1, keharusan untuk memiliki SIUPL (MLM Sinery Eco Racing tidak memiliki SIUPL)
  • Pasal 4 ayat 2 huruf f tentang keharusan adanya jaminan pembelian kembali, ini tak ada di sinergy eco racing.

 

Artinya adalah eco racing bukan sebuah bisnis yang direkomendasikan. Daripada nanti bisnis anda hancur ditengah jalan karena di bredel oleh pemerintah lebih baik anda antisipasi dari sekarang. Sudah jelas2 bisnis eco racing adalah money game dan bisnis Eco Racing Penipuan sebab mengatakan sudah mendapatkan ijin. Padahal bisa dicek di web APLI belum keluar ijin SIUPL. Ini satu dari kebohongan eco racing lainnya.

 

Kebohongan Produk Eco Racing

Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game adalah satu dari sekian kebohongan. Ada lagi kebohongan eco racing lainnya yaitu produk. Eco racing mengklaim bisa menghemat bahan bakar 30 hingga 50% dengan menambahkan PIL eco racing yang dimasukkan ketika mengisi bahan bakar dalam tangki. PIL tersebut adalah zat additif yang konon katanya sudah melalui beberapa penelitian.

Masih dalam sumber disini ditulis sbb: Apakah produk eco racing bermanfaat meningkatkan nilai oktan? Ya. Tapi perlu dingat: Manfaat yang sama akan diperoleh bila orang menambahkan sedikit kapur basur atau minyak atsiri kedalam bahan bakar. Tidak ada hasil riset yang obyektif apakah dalam jangka panjang penggunaan eco racing (juga kapur barus dan minyak atsiri) tidak berdampak buruk pada mesin.

Jadi, kalau dibilang ada manfaatnya, ya ada. Tapi apakah harganya sebanding dengan produk lain (semisal kapur barus dan minyak atisiri)? Tentu tidak. Apakah harga yang tak sebanding itu karena eco racing lebih aman? Tidak ada bukti, tidak ada hasil pengujian yang menyatakan hal tersebut dan tidak ada sertifikasi produk yang menyatakan hal tersebut.

Klaim penghemat BBM yang bisa menghemat bahan bakar hingga 50% bisa dibilang adalah kebohongan. INi merupakan kebohongan eco racing berikutnya.

Untuk produk eco racing apa saja sih? Silahkan baca dalam artikel ini.

 

Kebohongan Uji Emisi Eco Racing

Tapi khan Eco Racing sudah melewati penelitian salah satunya penelitian dari Petrolab dan auto 2000 dan juga uji dinotest? Sehingga isu bahwa Bisnis Eco Racing Penipuan bisa dibantah. Benarkah?

Masih dalam sumber disini ditulis sbb: menarik untuk mencermati klaim klaim dari pihak Synergy Ecoracing tentang beberapa hasil pengujian yang banyak digunakan untuk mendukung pemasaran ecoracing. Faktanya adalah: hasil-hasil pengujian itu sama sekali tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan secara obyektif bahwa ecoracing benar-benar dapat menghemat BBM.

Hasil pengujian Petrolab. Hasil ini hanya menyimpulkan bahwa BBM yang ditambah eco racing telah memenuhi berbagai ambang batas, termasuk RON yang ditetapkan dirjen migas. Apa istimewanya? semua bahan bakar yang dijual pertamina pun demikian. Juga, disitu tidak disebutkan berapa banyak eco racing yang dimasukkan. Apakah kalau banyak malah menjadi lebih beracun? Apakah RON meningkat secara signifikan? kita tidak tahu.

Hasil pengujian emisi Auto 2000. Dalam banyak promosi, para mitra ecoracing menampilkan hasil uji emisi sebelum dan sesudah pemakaian ecoracing. Tampak bahwa kadar-kadar racun gas buang kendaraan berkurang setelah penggunaan eco racing. Yang perlu dikritisi: Pengujian di auto 2000 itu sangat bisa dimanupilasi. Bukan Auto 2000 yang memanipulasi, tapi pihak auto racing. Bagaimana kita memastikan bahwa pengujian emisi yang kedua adalah mobil dengan bahan bakar yang dicampur dengan ecoracing? bagaimana kalau sebetulnya bahan bakar pengujian yang kedua adalah bahan bakar yang dijual resmi, yang lebih mahal dan memang mempunyai kualitas yang lebih baik? Pihak Auto 2000 tidak perduli dengan bahan bakar apa yang ada di dalam mobil.

Hasil pengujian dynometer. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa kinerja mesin dengan bahan bakar yang menggunakan eco racing lebih tinggi. Tapi sama dengan pengujian lain, hasil pengujian ini juga tak pantas untuk dijadikan. Siapa yang menguji? pihak eco racing sendiri? Atau lembaga independen?

Melihat pembahasan diatas yang mengklaim sudah mendapatkan iji ini dan uji itu maka bisa dibilang sebenarnya hanya bohong saja. Sebab kualitas eco racing sama saja dengan kualitas kapur barus. Ini ,merupakan kebohongan eco racing yang kesekian. Oleh sebab itu harap teman2 lebih mempelajari lagi dengan sebaik2nya supaya tidak menyesal.

lulus uji tes eco racing 1

Uji Petrolab (Artikel Kebohongan Eco Racing)

 

Kebohongan Legalitas Eco Racing

Konon diklaim bahwa eco racing sudah memiliki ijin yang cukup untuk memastikan bisnis jangka panjang. Tidak memerlukan ijin OJK karena bukan bisnis investasi, konon begitu. Kemudian SIUPL belum ada atau belum keluar dan tidak akan ada selama marketing plan piramidanya tidak di rubah. Semua MLM wajib ada ijin APLI atau asosiasi penjualan langsung Indonesia. APLI ya, bukan APPLI. Ingat itu.

Benarkah demikian bahwa Bisnis Sinergy Eco Racing belum memiliki ijin yang lengkap?

Masih dalam sumber disini ditulis sbb: Synergy Eco Racing hanya bermodalkan badan usaha berbentuk PT. Tidak ada SIUPL (Surat izin usaha penjualan langsung) yang seharusnya dimiliki oleh perusahaan dengan penjualan secara MLM. Meskipun adanya SIUPL tidak menjamin bahwa MLM tidak mempraktekkan money game, tapi tidak dimilikinya SIUPL itu adalah satu pertanda: Produk eco racing tidak memiliki sertifikat produk dari lembaga yang berwenang.

Pendiri Sinergy Eco Racing adalah Febrian Agung. Siapakah dia? Tak lain adalah pendiri Duta Business School (DBS) yang kemudian berubah menjadi Duta Future International. DBS/DFI adalah money game skema piramida yang berkedok MLM penjualan pulsa. Money game sudah bangkrut dan tak bisa lagi menjaring korban.

Melihat pembahasan diatas bahwa eco racing ternyata ijinnya belum lengkap ditambah pemiliknya adalah mantan direktir DBS maka bias dibilang ini kebohongan juga. Dan ini kebohongan eco racing yang kesekian.. Hehe

Sebenarnya bukan bangkrut banget tapi konon katanya sekarang ini sudah rebranding dengan nama VSI. Ketika Febrian out dari VSI diganti dengan manajemen baru lalu VSI berubah menjadi PayTren dengan pemilik yang baru pula yang mana konon saat ini malah sudah memiliki ijin yang sangat lengkap. OJK, SIUPL, ijin syariah dari MUI, dan dari semua lembaga perijinan sudah dikantonginya.

 

Apakah Rekomend Gabung dengan Bisnis Eco Racing?

Melihat Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game, kebohongan ijin, legalitas, kebohongan dan penipuan produk dll apakah direkomendasikan gabung dengan bisnis eco racing?

Dalam sumber disini ditulis sbb: Apakah layak bergabung menjadi mitra di Sinergy Eco Racing?

Money game sama sekali tidak layak diikuti. Money game akan cepat jenuh dan korbannya bisa ribuan orang yang terakhir bergaung, yang tak bisa mendapatkan mitra baru. Ada 2 kemungkinan bila anda ikut bergabung dengan Sinergy Eco Racing: Anda untung tapi merugikan orang-orang yang akan menjadi korban kemudian hari (sebab kalau dirunut-runut, keuntungan anda adalah uang yang dikeluarkan oleh para korban).

Atau Anda akan menjadi korban yang mengeluarkan uang terlalu banyak tanpa keuntungan. Kemungkinan besarnya adalah Anda akan menjadi korban. MLM yang tak punya SIUPL akan sangat mudah di nyatakan illegal oleh Sagas Waspada Investasi. Pernyataan illegal akan membuat titik jenuh money game Eco Racing lebih cepat datang, dan akhirnya Anda tak bisa mencari mitra baru. Produk yang sudah terlanjur anda beli? Selamat menikmati kapur barus dengan harga wow.


 

Kesimpulan Tentang Bisnis Eco Racing

Kalau membaca ulang artikel diatas yang mana membahas bahwa bisnis eco racing adalah Penipuan, kebohongan eco racing dah banyak banget. Produk eco racing hoax. Eco racing belum memiliki ijin dan legalitas yang memadai. Kemudian system piramida jelas2 dilarang pemerintah, ada kejanggalan iji emisi eco racing dll maka saya juga menyarankan tidak usah gabung.

Cuma menurut saya supaya lebih jelas dan gamblang alangkah baiknya anda yang masih ragu dengan bisnis eco racing bisa datang di setiap pertemuan sosialisasi bisnis eco racing yang bisa anda cari eventnya di web official. Bisa di www.sinergy-world.com atau di akun media sosial resminya. Supaya informasi bisa seimbang tidak sepihak.

Sebab saya menulis artikel diatas mengambil dari blog lain yang memang ingin membahas tentang kontroversi bisnis eco racing dengan fokus pembahasan pada kebohongan bisnis eco racing. Padahal masih banyak hal2 lain yang bisa ditelaah dan dibahas. Misalnya tentang ijin dan legalitas, bahwa semua berproses. Bisa jadi bulan ini ijin SIUPL belum keluar namun bulan depan sudah keluar. Oleh karena itu didalam membahas sebuah kasus seyogyanya data harus valid dan up to date.

Bisa jadi juga bulan lalu OJK merilis siaran tentang kewaspadaan pada bisnis eco racing namun bulan ini dan seterusnya OJK meralat. Ralat bahwa bukan kewenangan OJK untuk menindak bisnis eco racing sebab bisnis ini bukan bisnis investasi tetapi jual beli produk melalui system MLM. Dalam hal ini satgas investigasi OJK tidak berwewenang apapun.

Masalah iji emisi, uji dynotest, uji petrolab kalau dalam pembahasan diatas namanya juga klaim sepihak. Sebab pembahasan hanya didasarkan kepada informasi2 yang belum matang. Kalau mau jelas dan matang sehingga menjadi valid maka bisa langsung datang ke kantor dan menanyakannya. karena faktanya eco racing sudah dipakai oleh banyak perusahaan perkebunan, pertambangan, batubara dll. Bahkan konon sedang negosiasi dengan negara di timur tengah untuk penggunaan massal.

Atau kalau tidak bisa, bisa mengunjungi website resminya, atau tanya ke leader yang sudah daftar eco racing karena barangkali leader tersebut lebih tahu banyak dari kita semua.

Sehingga keduanya bisa dikatakan klaim sepihak saja. Baik yang mengatakan eco racing menipu atau kebohongan atau hoax atau apapun itu hanya klaim sepihak. Sementara mereka menulis bahwa katanya eco racing mendapatkan ijin ini ijin itu, lulus uji ini dan uji itu katanya klaim sepihak. Sebenarnya keduanya hanya klaim sepihak saja.. Hehe. Makanya supaya tidak saling klaim ketemuan aja. Biar clear.

Kalau saya pribadi simpel saja..

Jika anda tertarik dengan bisnis eco racing silahkan dicoba daftar. Hubungi saya atau klik gambar wa. Siapa tahu bisa menjadi bisnis masa depan anda. Siapa tahu bulan depan bisa dapat mobilio syukur2 pajero. Plus cash money. Meskipun kalau gagal maka dalam sebuah bisnis kegagalan adalah hal biasa. Jangan ketika gagal lalu yang disalahkan adalah eco racingnya, kemudian mengatakan eco racing adalah bohong, menipu, money game dll tanpa mau mencoba belajar dari sebuah kegagalan.

Atau kalau anda tidak tertarik juga tidak ada masalah. Sebab masing2 sudah punya garis rezekinya sendiri tergantung seberapa usaha yang mau konsisten dijalankan. Kehidupan anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Oleh karena itu lebih baik selalu positif terhadap peluang apapun yang hadir di kehidupan kita dengan harapan hidup kita berjalan dalam garis yang positif.

Sepakat?

Sudah ya artikelnya hehe. Demikian artikel Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game, semoga menginspirasi. Paling tidak memperkaya pemahaman kita semua terlepas anda mau daftar ataupun tidak. Share artikel Kebohongan Eco Racing Bisnis Money Game ke teman anda ya?.

Sukses untuk anda semua.

Chat Whatsapp